PERCAKAPAN ANTARA LAWRENCE DENGAN AMICHAI [1]

Terjemahan atas Pembacaan Wawancara antara Lawrence Joseph dengan Yehuda Amichai (bagian 1)

2.17.2012

CICAHEUM SUBUH ITU

i. lalu lalang angkot-angkot yang hijau nyalanya itukau nyatakan atas perjumpaan sekali lagi. lampu-lampudan cahaya yang mempergantikan pandangan langitmembikin lengang jalanan jadi sebuah tawaranuntuk bertukar kesunyian. aku menjadi cahaya itulantas menyusun kata-kata yang tak habispandangannya. angkot-angkot dan segala jurusan;tapi aku tak memilih semuanya. kata-kata bukanpenumpang yang setia, kata-kata itu kataku yangmemperkenankan cahaya melarang separuh terangmenebalkan bayanganii. lalu apa yang mesti dipercakapkan lagi tentangjembatan penyebrangan,...

MAZMUR LILIN HITAM

: memperkenangkan dauddari matamu melewati asap mataNyakaupanggili para santo-santa:tiup tiuplah lilin, membubunghingga gaung sepanjang sabat taktampak gentangnya. lalu kausyahadatkankemah persembunyianNyaseperti daud menarikan biduandi rahang singa, sewaktu langitdipekatkan oleh sungai-sungai babel,sampai kau ikut menitipkan lirih inimengambangkan gandarusa,melelehkan diri. melagukan langit sionmempercayai ajal yang ada, sungguhsangat dekat. dekat atas bakaran,bakaran di sumbu yang tak pernahhabis nyala suaraNya. bersamasegala tangkup telapak...

BES MAYOR, SIMFONI NO.5

: memperkenangkan schuberttempo itu meremah suara-suara sebelumnyasuara-suara dari wina, biola-biola itu mengerampanggung konser yang ditumbuhi warna-warnaranggas dari tinggi ke rendah lalu ke tinggi,dari warna ke interval berkali-kali sepertimenjauhi opera-opera yang gagal dan bebalmempertontonkan penonton, begitu katamu,tanpa dua terompet dan timpani, gerakantetaplah gerakan. ini bukan gaya rossiniatau drama goethe. semuanya tetap samadan memutar seperti arahan tangankomponis. tempo itu persimpananyang selalu teramat klasik sepertibunyi pergantian...

KLAUSTROFOBIA

1. ELEVATORelevator adalah tempat (yang mungkin) bagi kita:segala pengalihan arus khawatir yang merambatdi kedua tanda panah menuju ke atas lalu ke bawah- kita bersegera paham bahasa takut di kelindan otak,pada ruang yang kausangka tiba-tiba menyala sendirian –2. TOILETada guyuran gelisah tercermin di kacakaca wastafelada peringatan lama di sana:jangan sesekali memelihara waktu di sini, kau tahuwajah kita selalu luber dan kuyup tersebab keran air bak matayang kerap kali lupa dimatikan.3. KAMAR 303bukan, ini bukan kamar mayat, katamuini kamar percepatan...

PUSJKIN, RUSIA 1837

: memperkenangkan alexander sergejewitsj pusjkindi tangan kiri kau pertaruhkan sejumlah peristiwayang sesungguhnya ingin mengusir kematian, kata orang-orangperkelahian itu membelot menuju dirimu sendiri. shakespeare,kepadanya sebab-sebab kau tulis tawanan di kaukasusbersepakat untuk mengenang sejarahmu bersama byron. seketikaromantisme itu selesai sudah dengan pertemuan yang membikinsederetan kekasih melarikan diri dari buku-bukumu. di tangan kirikau peram luka dari kain yang tak sengaja memilikimu sebagaiseorang pembawa pedang anggar. luka itu...